Newbie in BitCoin? Let's see if I can teach you something

/
0 Comments

BitCoin!
Sudah makin heboh ternyata sekarang :v...
Mungkin kalian sudah pernah dengar, tapi gak tau persis benda imajiner apa lagi ini.
Atau kamu baru pertama kali dengarnya, silahkan masuk dan baca post ini.

Singkatnya BitCoin itu mata uang digital, cryptocurrency (mata uang berbasis kriptografi *???*).
Sebagaimananya rupiah dan dollar, BitCoin ini juga mata uang.

Dan kalian mungkin bertanya... gimana bisa!? Barangnya juga gak ada... gak kayak rupiah dan dollar, yang bisa dipegang.

Well... gampangnya buat dijelasin... saya mau nanya apakah anda sekarang sedang memegang 100% duit anda? Kemungkinan besar tidak... kalian pasti hanya memegang sekitar 100 ribu sampai 500 ribu rupiah di dompet anda sekarang, sedangkan sisanya ada di bank, dan kartu debit kalian cuman menyimpan data digital tentang siapa anda, dan komputer di bank menyimpan data berapa besar duit anda di bank.

Well... my point is... itu sama2 digital... jadi gak masalah kalau BitCoin itu cuman digital.
Eh tapi... kalau kartu debit kan bisa ditarik duitnya, terus ada nilainya, ada yang bisa dipegang.
Well... sebenernya uang kertas itu memang ada nilai intrinsiknya? ._. itu cuman kertas doang kan... yang membuat itu mempunyai daya beli, karena bisa dibilang semua orang di Indonesia (liat aku ada bilang di Indonesia) mempercayai uang kertas itu mempunyai daya beli.
Dan uang rupiah di luar negeri tentu tidak mempunyai daya beli sebesar di Indonesia.
Well, alasan lain kenapa uang kertas itu punya nilai yang bisa dipakai untuk membeli... sebenernya... yang gak banyak disadari orang... sebenernya uang kertas itu adalah sebuak cek yang menyatakan kita mempunyai sejumlah emas di bank.

Eh what? I know itu agak absurd ._., karena aku gak gitu pandai jelasin, silahkan liat video dibawah mengenai asal - usul mata uang.

(agak lama seh videonya, tapi lumayan menghibur, tapi kalau gak mau nonton, silahkan langsung skip, aku dah sediain ringkasannya)



Jadi ceritanya kita dibawa ke sejarah bagaimana mata uang tercipta... diawali dengan barter... trus... ya seperti yang kita ketahui, kita gak mau nukar iPhone buat sepiring nasi doang... karena itu dikenalin mata uang berupa emas, jadi emas itu bisa jadi mediator buat ngehubungin nukerin iPhone ke nasi. Jadi mata uang itu harus gampang di pecah2 jadi bagian yang lebih kecil... (kita bakal kesusahan mecah2in iPhone kita untuk beli sepiring nasi :v).
Well... napa emas? Karena emas itu logam mulia (halah)... which is tahan karat, jadi emas yang kamu punya sekarang... well 10 tahun lagi masih emas yang sama... palingan ada kotor dikit yang bisa di lap... tapi beratnya masih sama dan gak berubah. Terus kenapa emas bukannya air atau benda apapun yang lain yang gak bisa karat? Well... karena scarcity seh... atau emas itu susah didapat, dan jumlahnya bisa dibilang limited... kalau semuanya bisa dapetin emas dengan gampang, artinya emas itu gak precious lagi dunk ah... sama aja kita pakai mata uang berbasis pasir :v...

Well... the next step is... pakai emas juga nggak terlalu efisien buat belanja... selain berat untuk dibawa2, rentan dimaling... jadi disitu ada konsep bank... yang tujuan awal cuman sebagai safe house doang dengan kita membayar fee atas jasanya... nah kita nanti dikasih kayak tulisan di atas kertas (somehow kayak kontrak), yang bilang kita ada emas di bank sana... (kedengaran familiar?)
Terus di masyarakat, well... daripada dia ngambil dulu emasnya di bank buat beli barang, kenapa gak langsung kasih kertas kontrak itu ke penjual aja? Toh sama aja kan? And then disitulah asal muasal uang kertas...
(Oh buat part 2 nya kalau penasaran)



Ok ini dah mulai panjang ._.
Terus mungkin kamu bilang... terus kenapa aku harus peduli sama BitCoin? Aku sudah nyaman sama Rupiah kok...
Well... aku cuman pengen bilang BitCoin ini salah satu alternatif lain dari uang Rupiah kita. Seperti dollar lah... :v... kita gak pake Rupiah di US kan?
Dan keuntungan pertama BitCoin adalah dia internationally acceptable :v... (well... walaupun aku bilang internasional, bukan berarti yang nerima pembayaran pake BitCoin dah banyak yak :v)

Dan transfer antar pengguna itu kayak kirim email doang... kamu di komputer kamu (atau smartphone, whatever), konek ke internet... masukin alamat orang yang pengen dikirim, klik send... dan detik itu dah ke kirim uangnya...
(Dan sekarang video lagi yak buat yang belum pernah liat)



Mungkin anda nanya lagi... uang Rupiah kan ada emasnya di Bank (ada backingannya), kalau BitCoin backingannya apa? Banknya dimana?
Well... BitCoin gak ada backingan dimana2, dan gak ada Banknya.
Maksud?
Jadi bank di BitCoin itu desentralisasi, bukan sentralisasi. Artinya gak ada satu bank yang ngurusin segala macam transaksi dan penyimpanan uang. Yang ngurusin masalah transaksi, verifikasi dan lain - lain itu adalah tugas miner / penambang (what the...? Ini apaan?), dan penyimpanan uang itu kita simpan sendiri masing2 di perangkat elektronik.

Simpan di alat elektronik?
Iya kita simpan komputer kamu, di handphone kamu, diflashdisk juga bisa.
Kalau gitu kita bisa manipulasi nilai duit yang ada di kita donk?
Well... nggak... yang kamu simpan itu cuman id kamu, kamu cuman simpan kartu debit kamu di alat elektronik, nominal kita punya berapa, itu ada di cloud / internet. Setiap miner mempunyai duplikat database dari seluruh dunia, setiap orang punya berapa gede duitnya.
Errr... kalau gitu mereka bisa manipulasi uang tiap orang dunk?
Well... nggak juga... Karena di sistem BitCoin dia punya sistem mayoritas... kan aku bilang setiap miner punya duplikat database... jadi kalau ada satu orang iseng ngubah databasenya, tapi mayoritas tau kalau mereka yang bener, dan database satu orang itu telah korup istilahnya, jadi database itu nanti gak dianggap.

Bentar2... kamu pasti nanya, BitCoin ini diciptain sama satu orang... artinya penciptanya itu dong yang paling kaya, karena dia punya semua BitCoin pada awalnya?
Well... nggak lagi :v...
Sistem BitCoin itu dibuat kayak emas... gak ada satu orang yang pada awalnya punya segala emas di dunia terus dijadiin itu mata uang, tapi emas itu dicari dengan cara nambang.
Well... sama kayak BitCoin... BitCoin itu didapat dengan cara nambang secara digital, dan penambang itu yang disebut miner.
Err... absurd banget dah konsepnya :v...
Well... walaupun disebut sebagai penambang, aku lebih suka nganggep mereka itu sebagai teller di bank :v... mereka itu pekerja bank yang urusannya itu ngurus transaksi, ngevalidasi data dll... trus digaji pake bitcoin dari sistem itu.
Dan seperti emas pada umumnya, emas dipilih karena scarcitynya, jadi kalau jumlah emas terbatas, inflasi bakal kecil (gak kayak rupiah yang inflasi terus menerus karena nyetak rupiah terus jadi nilainya turun :v).
BitCoin juga seperti itu, maksimal BitCoin yang bisa beredar di Indonesia ini cuman 21 juta BTC.
Eh dikit amat? :v...
Well itu 1 BTC masih bisa dipecah2 lagi jadi bagian yang lebih kecil kok... 1 BTC bisa dipecah menjadi 1/100jt, atau satuan paling kecilnya itu 1 Satoshi.
Satoshi? Itu apaan? Jepun abis... Perlu diketahui Satoshi Nakamoto itu pencipta BitCoin ini... *well sebenernya gak perlu diketahui juga seh... karena itu nama juga nama samaran :v...
(Video lagi tentang mining)



Eh well... kalau BitCoin habis ditambang... trus gimana? Itu para miner dapet apaan lagi?
Well mereka bakal digaji sebagai teller seperti pada umumnya tanpa bonus...
Gajinya itu didapat dari biaya transaksi BitCoin. Jadi kalau kita kirim duit, kita bakal dikenain charge, untuk ngebayar gaji para miner.
Oh ternyata kita kirim di charge juga... kirain gratis :v...
Well... chargenya bisa dibilang lumayan kecil kok dibanding biaya transfer antar bank :v...

Oh iya, tadi nanya backingan BitCoin dimana?
Trus mungkin juga nanya... itu BitCoin dapet daya belinya darimana seh?
Daya beli BitCoin dari prinsip supply dan demand seh... semakin terkenal itu BitCoin... makin banyak yang beli kan? Sementara pas pada orang mau beli, dikit yang mau jual... karena itu harga bisa naik... Pas BitCoin udah kemahalan, dan gak ada yang mau beli... dan kebanyakan mau jual... saat itu nilai BitCoin turun... Karena gak bisa disangkal seh... ini nilai BitCoin tolak ukurnya sama dollar... Mungkin saat BitCoin dah populer... orang mungkin dari nanya sekarang BitCoin berapa dollar jadi sekarang dollar berapa BitCoin :v...

Dan untuk backingan... sebenernya kita perlu ngerti dulu kenapa backingan itu ada... backingan itu ada supaya kita ngerasa aman kalau2 tiba2 rupiah gak bisa dijadiin mata uang lagi (nilainya gak ada), kita bisa tuker sama emas yang ada di bank kita (let's say kita dijajah untuk kesekian kalinya lagi).
Nah untuk kasus BitCoin, daripada dia ada backingan, sistem BitCoin lebih ke prevent supaya sistem BitCoin gak bisa di shutdown, gak bisa untuk tidak diberlakukan. Karena itulah keuntungan dari bank desentralisasi... kalau kamu cuman ada satu bank... terus bank itu dihancurin, dijajah, dilarang pemerintah atau apa, langsung habis kan?
Nah kalau BitCoin, kamu bunuh satu miner (well terlalu ekstrim seh, tapi you get it what I mean lah :v)... masih banyak miner yang lain.
Bisa dibilang kalau kamu mau matiin sistem BitCoin, harus matiin internet di seluruh dunia... which is... how to do that? :v...

Well... sampai sini dulu deh... Sebenernya masih banyak yang perlu dipahami mengenai BitCoin, dari segi keamanan dan sebagainya...
Tapi menurut aku itu semua too much untuk hanya sekedar buat make doang, karena untuk benar2 ngerti, anda setidaknya harus kuliah jurusan IT terus mengambil pelajaran tentang kriptografi.
Karena itu, gimana kalau anda mencoba BitCoin, memakainya dan mempercayainya seperti anda mencoba, memakai dan mempercayai Rupiah pas anda masih di sekolah dasar? Menurut pandangan anak di sekolah dasar... konsep dua2nya sama2 absurd kok :v...


You may also like

Tidak ada komentar:

alijaya. Diberdayakan oleh Blogger.