Tango The Short Movie

/
0 Comments


Well... ini sebenernya dah mayan lama... sekitar Juni kalau gak salah selesainya... *time sure pass ._.

Belum sempet taro sini :v, karena pas selese bikin ini aku langsung terbang (naek travel seh sebenernya) ke Bandung buat magang di Agate (another story later :v).

Trus setelah balik, rada lupa and males buat ngeblog :v...

Ok jadi ini adalah tugas Semester 1 aku *ENG ING ENG...
Padahal Semester 1 itu akhirnya Maret, tapi aku ngaret banget ngumpulin ini project :v... Sekitar 2 bulan setelah masuk Semester 2 baru ngumpulin *head bang...

But wait... itu bukan karena aku procrastinating, tapi karena emang dari scratch sampai finish itu butuh 2 bulan! (short movie terlama aku dalam ngeproduksiinnya sampai sekarang).



Well, pasti penasaran aku ngapain aja 2 bulan itu (kalau gak penasaran, please penasaran dong :v... at least just appreciate my work a little bit :v).
Jadi pas dikasih tugas, itu... deskripsi tugasnya langsung ngebebanin.
Pertama harus buat short movie, ok well I can do that.
Dan short movienya maksimal 5 menit, well... ._., ok then, I think I can't do much with the story if it is just 5 minutes. *I think my speciality is mellow-sad / galau story, but I can't do that in 5 minutes*
Terus, harus pake kamera FS-100 Sony punya sekolah (SSR), God... itu kamera segede gaban plus berat (well gak gede2 amat seh, tapi beratnya kerasa lah dibanding DSLR apalagi dibanding Sony NEX-5N aku.

Sony FS-100

Sony NEX-5N
See the difference!
Another thing kita diharuskan untuk hanya ngambil still shot / tanpa movement, jadi gak boleh pan, tilt, zoom in/out, track etc, cuman still. Jadi diharuskan pake tripod *ugh*.
Dan lagi kita diharuskan pake Double System, artinya ngerekam video itu dipisah dari ngerekam audio. Jadi audionya direkam pake alat perekam lain trus pake shotgun mic di boom pole (kalau sering liat BTS pasti tau alatnya yang mana, microphone yang ditodong2 ke aktornya itu :v).

Jadi kita harus :

  • Bikin short movie
  • Durasi max 5 menit
  • Kamera no movement, artinya musti pakai tripod
  • Harus pake kamera FS-100
  • Harus pake Double System, artinya perlu alat perekam (dipinjamin SSR), boom pole, sama shotgun mic
  • Oh iya juga, diharuskan pake Final Cut Pro *ugh, why? WHY?

Pra Produksi

Akhirnya kepikiranlah untuk buat cerita simpel dan aku pengen fokusin ke Mise En Scene nya :v...
Mise En Scene itu istilah di film seh, intinya keindahan visual di dalam frame, termasuk artistik, lighting sama kamera.
Jadi kalau ceritanya rada2 gimana gitu mohon dimengerti lah :v... rada gak niat buat ceritanya.
Aku pas itu cuman pengen buat short movie dimana di dalamnya ada dance, sama mise en scenenya menarik.
Kenapa dance? Karena aku blom pernah ngebuat video yang ada dancenya, jadi kalau masih ada yang salah2 biarkan short movie ini yang dijadiin korban :v, jadi kalau dah pas kerja, at least aku dah tau buat video yang ada dancenya itu kayak gimana :v. *not so many people has done this, right?

Awal idenya aku rakus abis dah, dengan tidak berlatarbelakangkan dance, aku pengen ngombine semua competition dance (waltz, tango, quickstep, dst) dijadiin satu *gasp*.
Dan setelah research, ego aku, aku turunin satu tingkat, ya udah pick one aja :v, bakal gak selese ini tugas kalau aku pengen gabungin semuanya :v.

Karena dari research aku (thanks om gugel), berbagai dance itu berbeda di tempo lagu, ketukannya dst. Contohnya Waltz itu perlu lagu 3/4 beat, kalau Tango itu perlu lagu 4/4 beat.
Dan juga ada Area Dance sama Point Dance (not sure kalau istilahnya bener).
Area Dance itu pokoknya dance yang ujung2nya itu ngelilingin suatu ruangan, contohnya Waltz sama Tango.
Kalau Point Dance itu dancenya gak ngelilingin ruangan, tapi cuman di satu tempet aja, contohnya Salsa.

Jadi ngegabungin dance itu rada gak make sense :v...
Jadi aku stick ke Tango aja, karena entah kenapa kerasa Passionate banget kalau Tango, dan rasanya lebih menantang daripada Waltz. Waltz itu ntah kenapa kayak dance santai doang :v... *not sure though

Dan setelah research lagi Dance Tango itu ada alirannya :v *halah*.
Aliran Internasional, Aliran Amerika, sama Aliran Argentina (negara aslinya).
Secara garis besar aku liat2, aliran international lebih strict dan gak banyak macem2 dan gak terlalu banyak variasi, dia cuman fokus ke kaki doang, dan kalau gak salah inget posisinya hampir gak pernah lepas.

Jadi kalau aku bahas dikit tentang positi Tango sendiri, secara umum cowo di sebelah kiri, cewe disebelah kanan.
Tangan kiri cowo pegangan sama tangan kanan cewe, tangan kanan cowo megang pinggang kiri cewe, tangan kiri cewe megang atau diselipin di bahu cowo. *kebayang gak?*
Tango Closed Position

Dan oh ya, si cowo sama cewe natapnya ke arah kiri masing2, jadi gak gitu hadap2an juga seh. Trus arah depan dari posisi ini itu arah depannya si cowo. Jadi kalau mau maju ke depan, si cewe jalan mundur. Karena itu si cowo namanya leader, si cewe follower.
Dan posisi basic itu namanya Closed Position.

Dan satu lagi itu namanya Promenade, yaitu si cewe tinggal ngadep kanan, dan arah jalannya jadi ngikutin tangan yang ngejulur. Dan arah jalannya jadi sama kan. Jadi ilustrasinya kayak gini.
Tango Promenade Position

Dan kedua posisi ini yang dipake di International Tango, cuman ini, jadi mereka gak pernah lepas tangan di International Tango, kalau di American Tango, hal ini diperbolehkan dan menciptakan posisi2 baru lainnya.
Nah kalau Argentine Tango, itu lebih Sensual gimana gitu :v... Lebih banyak ngait2 kaki gitu, ngangkat2, ngelunge, dll...

Dan yang aku pake di short movie aku itu kayaknya Argentine Tango. Sebenernya aku gak ngebuat gerakannya dari awal, di internet dah ada sequence gerakan - gerakan, aku cut2 aku sambung2in seh supaya pas.

Intinya awalnya karena film 5 menit, aku bayangin, filmnya bakal 2 menit ngobrol biasa, 3 menit dance *karena lagu kebanyakan 3 menit kan :v.
Nah awalnya aku cari lagu dulu yang pas, aku dapet dari Kevin MacLeod *ini orang ntah siapa, tapi ngasih2 lagu gratis, dan sampe sekarang jadi tempet langganan aku buat donlot music background :v*.
Trus aku dengerin, nentuin beatnya dimana... trus aku buat track yang cuman bunyi tick beat doang. *percaya ama aku, aku bego banget dengerin lagu :v... aku gak tau beatnya yang mana, ini lagu ketukannya berapa per berapa.

Trus aku cari video gabung2in, susun berdasarkan ticknya.
Ngomong soal beat, di Tango itu beat umumnya itu Quick, Quick, Slow. Dengan Quick itu menandakan 1 beat, Slow itu 2 beat *totalnya jadi 4 beat kan?*

Intinya setelah referensi dancenya selese, aku harus nyari tempat, awalnya pengennya di kafe, tapi karena males nyarinya, dan ngeliat pool side deket SSR itu lumayan dan dapet aksesnya lumayan gampang, jadi ya disitu :v.

Jadi setelah referensi dancenya selese, aku coba di daerah situ, dan bikin denah dimana langkah2nya, karena disitu ada halangan, jadi dancenya itu harus sebisa mungkin menghindari halangannya *kan gak lucu tiba2 dance musti naik hiasan lampu di tengahnya :v*.

Jadi tiap hari aku ke kampus, latihan ngafalin ntuh dance, dan kadang2 di jalan, badan aku goyang2 sendiri buat ngafalinnya. Aku perlu ngafalin supaya pas ngajarin ke aktornya gampang.

Aktornya sendiri akhirnya aku menggunakan kakak aku dengan pacarnya :v.
Dan problemnya adalah kita cuman bisa latihan pas weekend doang karena kakak aku kerja *geleng2*.
Jadi kita latihan di sela2 waktu yang bisa, pas latihan aku gak minta gerakan mereka benar, yang penting mereka hafal *alhasil sampe shooting, ada aja yang kelupaan*.
Dan kakak aku malu kalau diliatin orang lain kalau pas latihan *swt abis*

Dan sekarang kalian pasti sadar kenapa pra produksinya lama. Pra produksinya makan 1 bulan! :v...
Buat research dance, ngurusin dance, ngajarin dance, beli baju dll, beli lighting (waktu itu SSR blom punya lighting jadi gak bisa pinjem), beli ini itu, ya lama banget. *geleng2*

Untuk lightingnya sendiri, karena kita gak ada Blonde atau Red Head (sebutan buat lampu2 studio, beda di Watt doang), aku pake DIY lampu sendiri :v...
Lampunya pake lampu CFL, dan kapnya ngerakit sendiri pake karton padi, gelnya (filter warna) pake sampul depan yang biasanya untuk makalah :v.
Lampu CFL
Dan lampunya lumayan cukup, tapi masalahnya kita gak ada tiang buat nyanggahin lampu, karena itu kita pake tiang biologis (lampunya dipegang sama temen :v).

Produksi

Yups kalau gak salah waktu itu pas dah mau produksi, pas hari H, tiba2 masalah dateng, krunya pada gak bisa :v... *geleng2*.
Jadi hari itu batal produksi, dan diganti sebagai latihan aja, aku nyoba lampunya, nyoba micnya, kameranya dst.
Dan bad mood abis hari itu wakakkakak :v...
Tapi dari situ aku tau kira2 itu shooting ngabis berapa lama waktunya, dan aku sadar kalau cuman satu hari gak cukup.

Tapi...

Akhirnya shootingnya cuman sehari selese :v.
Aku ngejar deadline abis, sebagi informasi aku shooting dari jam 7 sampe jam 1 subuh (dan kru pada teler semua, terutama aktor).

Kendalanya banyak, pertama aku minta bantuan temen2 SMA buat jadi kru. Jadi mereka agak not sure apa yang bakal dilakuin di lapangan, dan aku blom brief, jadi kebayang lah agak tersendat2 dikit pas produksi.
Dan karena aku diharuskan pakai tripod, sedangkan shot yang aku harus lakukan itu ada lebih dari 100, itu gak feasibel banget tiap ganti shot harus ngatur ulang tripod. Dan dipertengahan aku langsung, f*ck it, aku buang tripodnya trus aku handheld dan berakibat gambarnnya goyang dikit :v*.
Trus baterenya rada2 abis, karena pas minjem itu, baterenya gak fully charged *kesel*, jadi musti ngecharge pas produksi.
Blom lagi beberapa shot ada pake lilin, udah tau lilin itu bisa abis, jadi bakal ada masalah di continuitynya, kenapa pake lilin? Oh iya karena aku mau ya... ._. *keplak diri sendiri

Dan setelah bagian dialog dan drama selesai, tiba saatnya untuk shooting yang bagian dance.

Dan itu masalah gede.

Awalnya dan idealnya ngeshootnya itu gini :
  1. Aku sudah buat shotlist tiap gerakannya, jadi pas gerakannya apa shotnya dimana udah ditulis.
  2. Karena kameranya still, aku harus make sure pas mereka gerak dalam shot itu, mereka selalu dalam frame, dan fokus. Dan tentu harus ngatur ulang tripod.
  3. Shotgun mic selalu ngikutin kemana aktor berjalan buat ngambil dialognya.
  4. Slate selalu ditunjukin sebelum shot buat sinkronisasi suara dan nomor shot.
  5. Aktor dan aktris harus : hafal koreonya dari mana sampai mana, ngucapin kalimat dengan benar dan intonasi yang menarik.
  6. Lighting harus berada buat nyinarin mereka secara baik dan benar. Dan nyingkirin kabel2 yang berkeliaran dari frame.
  7. Lagu pengiring dinyalain, dan aktor sama aktris ngikutin lagunya dengan baik dan benar.
Dan baru dua shot awal dikerjain (ada sekitar 50an shot buat dance doang), aku dah stress.
Kalau dikerjain dengan metode ini aku bisa nyeleseinnya jam 6 pagi kali.

Dan aku ngambil big leap, aku buang shot listnya, aku gak pake clapper, tentu gak pake tripod, dialog aku gak ambil, dan lagu gak aku nyalain.
Aku bilang ke aktor sama aktrisnya, ya udah dance aja, gak usah ikut ketukan, kira2 aja *geleng2*.
Dan itupun mereka masih rada2 lupa :v...

Jadi aku cuman fokus kamera nunjukin lagi ngapain, dan shotnya terserah hati aku bawa kemana :v...
Lighting seadanya cuman yang penting terang doang. Aktor cuman dance sambil mangap2 doang gak ngeluarin suara.

Intinya pas itu state of mind aku, yang penting shootingnya selese, mau jelek mau bagus terserah. Waktu dah mepet abis.

Dan shooting pun selese jam 1 lewat dengan napas ngos2an, dan keringatan, intinya cape banget, hasilnya ntah bagaimana, aku tinggal crossing my finger :v...

Post Production

Ini saatnya aku teriak2, dan maki2 diri aku pas shooting. *biasa lah, orang postpro biasanya ngeblame orang produksi :v...

Continuity dimana2, kabel2 berkeliaran dimana2 (bocor abis shootingnya), lightingnya aneh, dst dsb.
Pokoknya kalau liat hasilnya itu rasanya pengen banting laptop, trus nangis berdoa kalau2 ada shot yang nyelip yang bisa dipake buat ngegantiin shot yang ancur ini.

Intinya pas post production itu saatnya aku teriak2 kayak orang gila 5 menit sekali.
Dan secara ajaib somehow aku bisa mengedit dengan begitu indah dan cerdiknya sehingga adegan dancenya tampak seolah2 mereka berdua itu bener2 bisa dance dari awal sampai akhir tanpa salah. *kalau kamu liat stock shot aslinya pasti bayangan kamu akan mereka akan berbeda jauh*.
Karena itulah mungkin bener yang dibilang guru aku... editor itu bisa mencegah sutradara bunuh diri :v...

Dan banyak sekali adegan yang bocor (kabel lewat2 tanpa permisi), mau gak mau aku crop, sehingga ngurangin resolusi dan yang paling penting, ngubah komposisi *aku masih inget ada satu shot yang jelek abis karena aku crop, tapi ya sudahlah...*

Dan kalau kamu perhatiin bener2, itu di hasil akhir masih aja ada kabel yang lewat. Tapi setelah semua itu berlalu, aku ngeliatin itu mereka dance dengan keliatan sangat lancar di editing itu rasanya... it's something gitu :v...

Setelah tahap frustasi editing selesai, sekarang tinggal color grading. Kalau ngeliat warna asli short movienya, itu warna kulit dah kayak vampire. Karena aku ada pake lighting biru, kuning, sama oranye. Dan di beberapa tempat warna birunya strong abis, sehingga kulit jadi biru. Di bagian ending terakhir, kalau dilihat belakang kuping si cowo, masih kesisa birunya *gak ngerti kenapa blom ilang*.

Dan tahap selanjutnya itu ngedubbing short movie itu. Awalnya aku rencananya cuman ngedubbing pas dancenya doang, tapi setelah dipikir2, mending dubbing semua ulang supaya gak jomplang suaranya.
Pas di dancenya, ada bagian yang seharusnya ada dialog, mulut mereka gak mangap *waktu shooting aku gak kepikiran, resource otak dah dialihkan untuk mikir shooting harus selese*.
Itu problem, sehingga aku ganti dikit dialognya buat maksa2in masuk, jadi kalau ngeliat ada yang aneh ya wajar lah ya~... namanya juga masih belajar :v... *ngeles...

Trus, yang aku pengen coba di film eksperimen aku satu ini adalah ngemasukin foley (sound effect yang direkam), kayak footstep sama clothing doang.
Jadi footstep yang gak kedengeran di movie itu (please kalau ada waktu diperhatiin lagi foleynya, buatnya dah capek2 :v) direkam di studio.
Jadi aku harus inget footstep mereka kayak apaan, dan ngereproduce ulang di studio.
Trus kalau ada sentuhan, gesek2in tangan, tangan nyentuh meja, dll, itu juga direkam di studio.

Karena itu please notice kalau movie itu ada foleynya :v... (well sebenernya foley yang bagus itu kalau penonton gak ngenotice seh, tapi ya sudahlah).

Sampai tahap mixing, harusnya temen aku yang ngebantu mixing, tapi waktu itu temen aku mayan sibuk, jadi aku yang awam ini ngehandle mixingnya yang asal2an tanpa monitoring yang bagus.
Aku mixing di laptop dengan speaker built-in laptop tanpa head phone, karena jack audio nya rusak.
Alhasil suara bassnya kenceng abis dan kalau dipasang di speaker gede, itu suara bass semua. Aku gak notice itu karena di laptop aku fine2 aja gak ngeluarin suara bass :v...

Dan karena dah deadline (sebenernya bukan deadline sekolah, tapi deadline yang aku buat sendiri karena aku mau pergi magang di Bandung selama 2 bulan), aku serahkan apa adanya deh itu karya.

Dan alhasil itulah jadinya...
Gak tau kapan mau ngefix audionya, tapi aku males banget buat ngefix hal2 yang dah finish :v...
Jadi gitu deh...
Gak tau mau ngomong apa lagi...

Semoga ini post mortem (ya kan?) nya bermanfaat buat yang lain dan jangan ngulangin hal2 buruk yang sama yang aku lakuin :v...

Mungkin nanti aku bakal bikin BTS videonya, dan ngasih liat shot2 aslinya kayak gimana :v...
Jadi itu dulu...
Ciao~...


You may also like

Tidak ada komentar:

alijaya. Diberdayakan oleh Blogger.