Curhatan di Tahun 2013

/
0 Comments
Ok... ini blog sudah vakum ntah berapa lama ._.
Biasanya pas kepengen nulis, jadi mikir... ah ini nanti garing jadi kayaknya kesannya hanya untuk nutup - nutupin kekosongan blog *geplak*, akhirnya gak nulis - nulis disini ._.
Dan semakin lama ketakutan itu semakin gede... *swt

Jadi selamat tahun baru 2013 untuk semuanya *sori telat*, dan selamat juga telah berhasil melewati hari kiamat 21 Desember 2012 dengan selamat sehat sentosa *yey*.

Jadi apa yang pengen aku tulis disini? Hmmm mungkin kita lihat di tahun 2012 itu aku ngapain aja... ._.

Agak - agak lupa seh, tapi kalau tidak salah di awal tahun 2012 itu aku masih kelas 3 SMA *ya iyalah*, itu dah hampir suasana ujian, dan aku kalau tidak salah masih harus mengikuti Pelatnas di awal - awal tahun *eh iya gak seh lupa*.

Dan waktu itu lumayan agak - agak gimana gitu... Pelatnas itu makan waktu 3 minggu, ada dua kali Pelatnas Komputer yang ngemakan waktu sekolah, jadi kalau ditotalin aku sudah sekitar 6 minggu gak masuk sekolah *yey*.
Seneng? Ya seneng banget gak belajar di sekolah, gak usah perlu ikut bimbel di sekolah yang capenya minta ampun.

Tapi kesenangan itu sirna seketika pas balik dari Pelatnas, tugas menumpuk, ulangan susulan ngantre TT.TT.
Dan untungnya aku lumayan "quick learner" *membanggakan diri sendiri*, jadi lumayan bisa ngejar materi di sekolah, dan guru aku lumayan baik ngeringanin tugasnya... thanks abis ama guru - guru yang perhatian di sekolah XD.

Dan kalau tidak salah Pelatnas 2 itu mepet - mepet abis dengan UAN *ya gak seh? lupa - lupa inget*, jadi pas pulang Pelatnas, satu atau dua minggu setelahnya langsung UAN.
Untungnya aku bisa melewati UAN dengan mulus... :D, dan nyangka gak nyangka dapet nilai terbaik satu sekolahan, sampe satu provinsi *dafuq*, dan masuk koran ._.

Dan namanya media ini... aku agak kurang sreg seh sebenernya sama tulisannya ._., aku kan belum tentu lolos Pelatnas 3 tapi dah di tulis bakal ke Italy... ._., padahal aku dah bilang masih ada seleksi lagi... tapi dibuat seolah - olah kayaknya udah positif ke Italy ._.

Oh iya... soal judulnya tentang jadi sutradara... ya karena aku kepengen kecimpung dalam dunia entertainment :D.
Pas aku bilang ke tukang wawancaranya *gak tau apa sebutannya*, aku bilang aku mau lanjut sekolah film, mukanya... priceless... kayak rela gak rela gitu dan bingung gimana nyambungin di artikelnya dari nilai paling tinggi seprovinsi, tentang olimpiade komputer terus nyambung ke perfilman... LOL *aku agak ngetroll kayaknya*

Ok terus kayaknya selanjutnya gak ada yang spesial... selesai UAN ada Pelatnas 3, dan aku gagal disini ._., ntahlah... ntah karena aku gak beruntung, atau aku lagi kurang semangat untuk lanjutin sampai Internasional, atau aku takut kalau aku kepilih mewakili Indonesia sampe internasional. Pikirannya harus dapet medal neh, gak boleh malu - maluin neh dan lain - lain. Tapi mungkin itu cuman alasan aku yang gagal neh LOL XD. Tapi Pelatnas menurut aku sangat worth it untuk diikutin :D. Pelajaran yang didapet itu dalem banget dan asik :D. Pengalamannya terutama.

Setelah mengikuti 3 kali Pelatnas, aku bilang mungkin Pelatnas 2 paling asik :-?. Pelatnas 1 banyak orang tetapi belum terlalu deket karena masih baru, Pelatnas 3 udah saling kenal, tapi orangnya dikit abis. Jadi Pelatnas 2 kayaknya yang paling pas.

Ok kita singkirin dulu urusan olimpiade komputer, kita lanjut ke kehidupan kuliah aku.
Boleh jujur... kuliahnya lumayan nyante, dan terlalu kesantaian ._.
Beda sama SMA yang 6 hari * 6 jam seminggu. Kuliah aku 2 hari * 3 jam seminggu. hanya 1/6 dari waktu yang aku pakai untuk belajar di SMA @.@...
Pas hari gak ada kuliah langsung mikir, what am i going to do? Ngegalau sendiri di apartemen, atau kalau kagak jalan - jalan sendiri di Central Park.
Oh btw... untuk menjelaskan lagi aku kuliah di SSR (School of Sound Recording) dan ambil jurusan Digital Film and Music Video Production (DFMVP), singkatnya itu perfilman.

Kalau dikasih tugas itu kerasa beraaaat banget... padahal tugasnya lumayan gak terlalu susah. Tugas di jaman SMA malahan lebih ribet. Tapi karena kebawa flownya yang nyante, jadi serasa berat LOL XD. Dan lumayan lack of motivation seh, karena kita gak dikasih nilai. Aku ini dari SD, SMP, SMA udah ditanemin mental untuk cari nilai tinggi *swt. Jadi pas dikasih sistem yang beda, dimana sistemnya nilainya diambil dari nilai tugas semesteran *kalau gak salah* atau ntah gimana proses penilainya, sampai sekarang aku juga masih ngeblur gimana tugas penilaiannya. Yang aku tahu aku belum pernah dikasih nilai konkrit yang ditulis di atas selembar kertas *plak*. Kalau ada pun itu gak dimasukin dalam nilai kita, cuman untuk test doang. Jadi ini sekolahnya tipenya bukan nyari nilai gede, tapi untuk nyari skill which is, mungkin menurut aku bagus, tapi agak lack of motivation seh *atau karena akunya yang dah kebiasaan nyari nilai yak?*.

Untuk materi pengajarannya, aku ngerasa kurang deep. Untuk waktu yang lumayan singkat seperti 2 hari * 3 jam seminggu, ekspektasi aku sebelumnya seh materinya deep banget sampai kita ngomong "Oooohh" setiap 5 menit sekali. Tapi ternyata aku lumayan sedikit kecewa, yang diajarkan lumayan basic nyentuh dasar doang, dan beberapa bisa aku cari dengan mudah di internet. Aku masih kebawa dengan cara pengajaran di Pelatnas yang paling aku suka, kalau tidak salah 3 jam itu pelajarannya dalem, kita bisa ngomong "Ooooh" dalem hati gitu, dan dapet sesuatu yang baru.
Dan ekspektasi aku awalnya karena waktunya singkat dan jangka belajar kita juga singkat *3 Semester lulus*, aku ngarepnya ajarannya itu lebih praktikal, maksudnya lebih nyambung dengan apa yang kepake di lapangan nanti dan untuk masa - masa seperti sekarang.
Jadi ceritanya kita di sekolah itu ada diajarin scriptwriting, production design, directing, cinematography, editing. Nah misalkan di scriptwriting, memang teori dibutuhkan disini, gak boleh ini, harus begitu, tapi aku lebih sangat bersyukur kalau dikasih tau gimana supaya script kita ini bakal diterima sama produser, atau gimana caranya kita ngeapply ini script, atau gimana script ini jadi uang.
Ya ujung - ujungnya uang seh... ._., bagaimanapun aku pengen kehidupan jadi filmmaker ini yang bakal ngehidupin aku, so I must make money from that.

Dan hampir semua yang ngajar kita itu guest lecturer, jadi mereka yang dah aktif di dunia perfilman Indonesia. Nah masalahnya, kurikulumnya jadi gak jelas, misalkan di silabus kita harusnya hari ini belajar tentang A, dan yang diajarkan ntah lari kemana sampai menjelaskan B, dan sampai selesai kita pun masih tidak mengerti tentang A. Ya, mungkin untuk sebagian orang nggak masalah akan hal seperti ini, tapi untuk saya, rasanya gimana ya? Agak kurang profesional atau gimana gitu. Apalagi karena lecturernya ganti - ganti, ada materi yang overlap, misalkan sudah dijelaskan oleh lecture sebelumnya dijelaskan lagi disini. Dan ada beberapa lecturer yang cara mengajarnya super slow *atau akunya pacenya kecepetan*, jadi suatu materi, materinya gampang banget dimengerti, tetapi di emphasize 3 kali atau lebih sama dia, udah hampir mirip - mirip kayak ekspansi kalau dalam istilah perfilman.

Ya mungkin akunya yang banyak ekspektasi seh ._., tapi kalau mau dibilang apakah aku kecewa masuk disini, hmmm... gak terlalu juga seh. Jadi masalah awalnya kan dulu banget aku pengen masuk IT, tetapi setelah mengetahui kakak kelas belajar apa di kelas IT, dan itu terbukti dengan aku nanya temen aku yang masuk IT. Aku sudah mengetahui materinya tersebut *sombong mode : on*. Dan aku pikir kalau aku menghabiskan waktu 4 tahun, dan sesudahnya aku masih sama dengan yang dulu lebih sedikit, dan aku sudah sangat penasaran karena gak masuk sekolah film, aku gak bisa bayangin nanti aku kayak gimana. Jadi sekarang aku sudah masuk sekolah film, gak penasaran lagi, tapi aku masih penasaran dengan cara pengajaran sekolah film di tempat lain, apakah lebih baik, sama aja, atau bahkan lebih buruk :-?.

Dan aku pikir, kalaupun aku nggak dapet apa - apa dari kuliahan ini *semoga nggak gitu*, aku bisa lumayan dapet koneksi disini, karena lebih sesuai. Jadi misalkan dulu aku ambil IT tetapi aku masih bersikeras untuk membuat film, kayaknya koneksinya lebih mandek disana, jadi mendingan disini. Tapi satu hal lagi yang bikin aku resah... disini (SSR) orangnya masih dikit, dikit abis malah, jadi aku jadi agak - agak kurang gaul ==a... *merindukan masa - masa SMA yang orangnya seabrek*.

Ok sekarang udah 2013, dan akhir - akhir ini aku banyakan procrastinating, nunda - nunda kerjaan terus ._., padahal masih banyak kerjaan numpuk. Ada rikues soal dari abang Salvian :p, terus aku masih ada cerita yang harus dilanjutin *untuk ngebaca ceritanya silahkan kesini*, dan terus aku terjebak ikut dalam onegameamonth dimana kita harus buat satu game dalam sebulan selama setahun ini ._., mungkin aku bakal buat visual novel kali ._., karena mungkin lumayan mudah tinggal cari artist, programmer, sama sound designer, dan aku jadi scriptwriternya hahaha XD.
Tetapi, semua itu mandek karena aku lagi maen Rune Factory 3 di emulator NDS di Mac aku ._., sama nonton film - film di harddisk aku yang belum tersentuh.

Jadi mungkin sampai sini dulu, aku mau nerusin tugas - tugas yang masih mandek itu ._.

cya~


You may also like

Tidak ada komentar:

alijaya. Diberdayakan oleh Blogger.