Music Video Beggin Dance

/
6 Comments
Okeh kali ini pengen show off lagi...

Masih barang lama *belum buat barang baru :p...

So here it is... enjoy it...



Jadi ini video bisa dibilang experimental pakai kamera baru *ihik...
Aku memakai kamera Sony NEX 5N, dan lumayan puas akan kualitas gambarnya :D...

Ini dibuat sekitar libur awal tahun baru kalau tidak salah.
Teman saya (yang sebagai dancer di video) ngajak untuk buat video dance.
Ya aku iya - iya aja, secara tidak ada kerjaan pas libur.

Pas dia datang sebenarnya kita ada mencoba menggunakan green screen (tapi bukan dance dengan lagu diatas).
Terus aku edit, dan ya lumayan puas seh nyoba - nyoba pertama kali pakai green screen.
Tapi hasilnya ya... agak - agak kurang bagus kualitasnya, karena lightingnya kurang terang, dan aku belum terbiasa menggunakan green screen, belum tahu harus diapain pas editing supaya bagus potongannya.
Ya namanya juga mendadak, sebenarnya ada videonya di youtube, tapi setelah dilihat - lihat, rasanya gimanaaa gitu, jadi saya private-in videonya. *sorry yo~...

Dan akhirnya dia ngajak lagi ngebuat video.
Dancenya udah siap seh dari dia, dan dia juga sudah ada konsep nanti bagusnya kameranya ngambil dari posisi mana (dia ngambil referensi dari video - video yang ada), aku seh iya - iya aja dan nurut, karena itu juga gak bad idea, secara aku belum punya konsep musti diapain.

Dan ya kalau mau shooting, musti diurus tentang perizinan. Perlu diketahui kita menggunakan BTC (Bangka Trade Center) yang bisa dibilang tempat umum, BTC ini bukan seperti mall - mall besar di Jakarta, tetapi lebih mirip Mangga Dua versi lebih kecil.
Nah untungnya minta izinnya gak terlalu ribet. *Ya karena bukan aku juga yang minta izin, teman aku yang ngurusin, aku goyang kaki aja hahaha... sambil harap - harap cemas tentunya...

Dan kita shooting dengan menunggu waktu yang pas, yaitu jam dimana sudah sepi alias toko udah pada tutup. Karena selain gak enak gangguin orang, ada resiko nanti diliat jadi gangguin konsentrasi, dan karena nanti ada di cut gitu, bakal aneh kalau tiba - tiba ada orang yang tiba - tiba pindah posisi LOL.

Untuk shootingnya sendiri saya menggunakan tripod supaya gak shaky kameranya. Kemudian untuk menggerakan kameranya, supaya bisa di geser - geser, kami ngide dengan menggunakan alas tabung gas yang ada rodanya di bawah. Trus tripodnya taruh di atas situ hahaha...
Memang agak gak nyaman, tapi boleh la untuk kebutuhan mendadak dan modal minim LOL.

Total ngulangnya sebanyak 3 kali, dengan sudut pandang yang berbeda - beda. Dan semakin lama kelihatan kalau dia sudah berkeringatan. Kalau kamu perhatiin videonya, ada bagian yang dia tidak keringat, tiba - tiba langsung ada keringat LOL.
Setelah selesai 3 kali ngulang dan merasa cukup, kami mengambil adegan sepotong - sepotong yang memerlukan angle tertentu supaya terlihat mangstab.

Akhirnya pulang, proses editing pun dimulai.
Setelah melihat - lihat, aku jejerin 3 video itu, aku sinkronin suaranya, dan hal yang menarik pun terjadi. Dia dance itu tiap kali take, beda - beda gerakannya, bisa dibilang ada yang terlambat gerak, ada yang kecepatan dan sebagainya.
Yang paling beda itu pas di bagian awal karena memang lagunya beat di awalnya suaranya kecil, dan pas take suaranya cuman dari laptop doang, jadi kecil gitu gak kedengaran. Alhasil dengan sedikit edit - edit, potong gabung potong gabung, video akhirnya itu jadi pas, padahal itu gerakannya setelah beat lagu yang itu. Jadi kalau pakai suara asli dari kamera pasti gak sinkron itu LOL, tapi lumayan berhasil menipu lah.

Untuk endingnya pun, dari 3 video, beda - beda semua gayanya. So aku pilih yang dia jatuhin topinya, ya lebih ada kesannya gitu. Ya sudahlah...
Dan bagian yang gak sinkron selanjutnya adalah sebelum dan setelah loncat.
Sebelum loncat itu katanya dia pakai 'gaya bebas' untuk menyesuaikan timingnya pas loncat. Jadi alhasil beda - beda semua stancenya sebelum loncat, jadi aku mulai lagi harus pilih - pilih yang mana yang bagus dan pas.
Dan setelah loncat, ada jeda gitu, dan tiap video mulainya beda - beda, dan aku harus kerja keras juga di bagian sini.

Dan katanya dia pengen kalau videonya pas dia loncat itu slow motion. Tapi aku lihat dari dancenya, dia kasih jeda yang dikit banget supaya itu doable dijadiin slowmotion. Akhirnya dengan cara ngide aku selipin beberapa frame putih pas dia loncat, jadi panjangnya jadi lebih panjang, dan lebih kerasa efek slowmo nya dibandingin aku plain pake gambar doang.

Dan ada satu bagian dimana dari suatu gaya itu spannya kepanjangan, tapi shootnya paling bagus. Terpaksa itu dipendekin spannya jadi kalau dilihat dari videonya jadi kayak dipercepat, tapi ya aku gak tau lagi harus diapain. *swt

Kemudian pas endingnya kasih ledakan putih supaya mendramatisir dan kerasa efeknya... cuman simpel putihin semua layar doang kok, gak ada yang ribet.

Dan akhirnya cukup puas dengan hasilnya, dan bisa dengan bangga menunjukkan video ini menjadi salah satu portfolio saya :D.

Enjoy~...


You may also like

6 komentar:

alijaya. Diberdayakan oleh Blogger.