Some Astrology Thought

/
4 Comments
Entah kenapa tiba - tiba ingin membuat artikel tentang astrology.
Akhir - akhir ini, saya sangat tertarik dengan hal - hal astrology dan perbintangan.
Rencananya, nanti cerita saya akan berbasis tentang astrology (spoiler alert), sehingga mau tidak mau saya mencari banyak sumber dan mempelajari tentang astrology.

Perlu diketahui, kita dikenalkan dengan 12 jenis Western Zodiac, berdasarkan bulan kelahiran (Well, sebenernya bukan bulan juga seh).

Keduabelas jenis zodiac itu adalah :
  1. Aries
  2. Taurus
  3. Gemini
  4. Cancer
  5. Leo
  6. Virgo
  7. Libra
  8. Scorpio
  9. Sagittarius
  10. Capricorn
  11. Aquarius
  12. Pisces

Memang katanya ada isu - isu ada zodiac ke 13, tapi aku lebih suka sistem yang 12 ini.

Sebenarnya setelah kita lihat - lihat, urutan zodiac itu tampak random, sebenarnya itu berdasarkan rasi bintang di langit.
Sebenarnya zodiac yang kita punya itu adalah Sun Sign. Karena saat itu posisi matahari itu berada di zona rasi bintang zodiac kita. Dalam astronomi atau apalah, aku pernah dengar karena bintang itu banyak, kita jadi susah menentukan posisinya, jadi dibuatlah sebuah bola khayal yang melingkupin semua langit, dan semua bintang itu diproyeksiin di bola itu, jadi sekarang kita gak perlu mikir bintang itu jauh atau dekat, tetapi dimana posisinya di bola itu. Dan karena bumi berotasi, maka seolah - olah bola itu yang muter sedangkan bumi diam (relativitas). Bola itu disebut dengan Celestial Sphere. Dan karena bumi berotasi, dan seolah - olah malah Celestial Sphere nya yang muter, karena itu kita mungkin untuk mendapatkan foto seperti ini...


Nah banyak foto star trail kayak gitu di google, di search aja. Seperti yang dilihat, dia muter dan keliatan sumbunya, itu adalah sumbu dimana bumi berotasi, dan bintang yang terletak paling tengah dari pusat itu adalah bintang Polaris. *makin menarik bukan?*.
Sebenarnya bukan bintang Polarisnya yang tidak bergerak, tetapi rotasi bumi terhadap bintang itu kebetulan lurus, sehingga walaupun bumi berotasi, seolah2 bintang itu tetap disana. Dan kalau ingin mendapatkan foto seperti diatas, tentu kita harus tahu dulu Polaris dimana. Btw, bintang Polaris itu untuk yang di sebelah utara, yang disebelah selatan beda lagi. Ya sudahlah cukup untuk hal ini.

Btw, sebenarnya hanya ingin bilang kalau ntuh Celestial Spherenya muter, terus artinya rasi bintang di langit juga ikut - ikutan muter, nah, pas matahari jatuh di suatu rasi bintang zodiac kita, dan pas itu kita lahir, saat itulah kita memiliki zodiac tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :

Gambar diatas, matahari jatuh di Libra. Cara taunya tarik garis lurus dari Bumi (tanda lingkaran dengan silang di dalamnya) ke arah Matahari (tanda lingkaran dengan titik di dalamnya), disitu kita lihat Matahari jatuh di Libra.

Tentu dalam astrology, mereka tidak hanya menilai dari posisi matahari saja dalam menghitung peruntungan kita, tetapi juga dari Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Dan planet yang lain pun juga kebagian dalam penentuan peruntungan gitu. Tapi aku juga kurang ngerti, jadi kita bahas tentang karakteristik Zodiac doang yak :D.

Pada dasarnya, zodiac tersebut memiliki ciri khas masing - masing, dan selama ini saya sedang membaca - baca artikel tentang ciri khas tersebut. Dan saya bisa bilang ciri khas untuk Gemini (zodiac saya), sangatlah tepat, jadi ini sangat menarik untuk diperhatikan.
Tiap zodiac memiliki beberapa property seh. Mereka bisa dibedakan menjadi 2 Quality (Kualitas) yaitu Positive (Yang) atau Negative (Yin).
Dan mereka juga bisa dibedakan mejadi 3 Mode (Wujud), yaitu Cardinal (menyerang), Fixed (bertahan), dan Mutable (berubah).
Dan dibedakan juga menjadi 4 Element yaitu Fire (api), Earth (tanah), Air (udara), dan Water (air).

Silahkan lihat tabel dibawah ini untuk lebih jelasnya perbedaan property tiap zodiac.


ZodiacQualityModeElement
AriesPositiveCardinalFire
TaurusNegativeFixedEarth
GeminiPositiveMutableAir
CancerNegativeCardinalWater
LeoPositiveFixedFire
VirgoNegativeMutableEarth
LibraPositiveCardinalAir
ScorpioNegativeFixedWater
SagittariusPositiveMutableFire
CapricornNegativeCardinalEarth
AquariusPositiveFixedAir
PiscesNegativeMutableWater

Nah menarik bukan? :D...

Quality


Positive

Untuk zodiac yang memiliki positive quality, biasanya seh ekstrovert gitu, ke arah luar, artinya dia sociable gitu. mirip kutub positive magnet, ngarahnya keluar.

Negative

Biasanya introvert, apapun dari luar dimasukin ke dalam, trus dipikirin. Artinya dia lebih sering pilih diem dibandingin ngomong, kira - kira gitu, walaupun dalam kenyataan gak ada orang yang diem 100 persen.

Mode


Cardinal

Ini dia kalau dikasih suatu problem dia akan nyerang dan maju terus, agressive gitu. Misalkan ada batu gede di tiba - tiba di tengah jalan, dia bakal manjat ntuh batu untuk bisa ngelewatin batu itu. Jadi dia ingin jalan yang lurus - lurus gitu dan cepat.

Fixed

Kalau orang ini kalau dikasih suatu problem, dia akan mencoba untuk stick ke plan, atau pakai cara yang lambat asal selamat gitu lah intinya. Orang ini susah untuk pindah atau bergerak. Misalkan ada batu gede ngalangin jalan, orang ini bakal ngegali ntuh batu sampe nembus, dia bakal ngelewatin jalan yang lebih lambat. Biasanya orang kayak gini orangnya sabaran.

Mutable

Dan orang yang ini kalau dikasih suatu problem, dia bakal nyari cara untuk menghindarinya. Maksudnya dia bakal cari cara lain yang lebih gampang buat nyelesein problem tersebut, dia bakal nyari jalan muternya. Jadi kayak contoh sebelumnya, misalkan ada batu gede ngalangin jalan, dia bakal nyari jalan lain untuk ngemuterin itu batu, dan mencoba gak susah - susah berurusan dengan batu itu.

Element


Fire

Untuk element api, biasanya orangnya penuh semangat, trus suka mimpin, dan suka mendapatkan spotlight dari orang lain (suka perhatian). Dan cepat marah juga rasanya. Dan cepat dalam menentukan pilihan.

Earth

Yang punya element tanah cenderung sabar, dan lebih praktikal. Mereka gak suka ambil resiko dalam bekerja, ambil yang safe - safe aja. Trus gak cepet bosen, dan gak keberatan untuk ngerjain suatu hal yang sama berulang - ulang.

Air

Dan orang yang punya element udara ini biasanya orangnya itu pemikir dan punya banyak ide. Tetapi orang ini susah memutuskan sesuatu dan sering cepat bosan mirip angin yang ntah kemana - mana. Suka mengeksplorasi sesuatu dan mungkin agak sedikit kepo karena suka informasi.

Water

Kalau untuk memiliki element air, mereka cenderung sensitive terhadap perasaan atau keadaan emosional. Mereka cenderung cepat menangkap kondisi emosional seseorang dan mereka juga cepat emosional gitu. Intinya mencintai dan dicintai gitu. Dan biasanya kalau udah dihubungin dengan cinta - cinta, orangnya cepat galau.

Dan itu yang aku ketahui sedikit dari astrology dengan membaca artikel - artikel di internet. Dan mungkin ada aku sedikit tambah - tambahin dikit. Dan untuk penjelasan tiap zodiac mungkin di post selanjutnya, karena lumayan panjang.

So gimana penjelasan di atas? Apakah ada miripnya dengan anda?


You may also like

4 komentar:

  1. Mau komentar :)

    Dari yang saya baca, banyak orang salah mengira tentang zodiac ke-13. Memang dulu para ilmuwan menemukan rasi bintang baru yaitu Ophiuchus (penangkap ular). Namun hal itu tidak berarti jumlah zodiac bertambah. Zodiac sendiri jumlahnya tetap 12 (perumpamaannya banyak rasi bintang lain yang tidak masuk zodiac semisal Orion atau Andromeda).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm kalau gak salah... rasi bintang yang dimasukin ke dalam daftar Zodiac adalah rasi bintang yang ada di ekliptik (bidang edar Bumi terhadap Matahari), dan yang diambilnya itu bedanya 30 derajat. Nah kebetulan si Ophiuchus ini juga ada di bidang ecliptic ntuh, nyempil - nyempil di sela - sela Scorpio dan Sagittarius jadi dianggap zodiac yang ke 13. Katanya seh gitu ==a...

      Hapus
  2. Hmmm... aneh yo LOL XD...
    Mungkin gara2 planet lain... kalau dari Matahari mungkin kamu Capricorn, tapi kalau dari planet lain kamu bisa jadi bukan Capricorn XD...

    Capricorn sendiri seh orangnya pengen sukses dengan jalan yang slow but sure... dan gak suka ambil resiko :-?...

    BalasHapus

alijaya. Diberdayakan oleh Blogger.